Sistem Operasi & Jenis-jenisnya

Rabu, 23 Juni 2010.

JENIS-JENIS SISTEM OPERASI

1.Pengerti

Sistem operasi adalah suatu sistem yang diperlukan untuk dapat menjalankan semua program (software) dan aplikasi-aplikasi yang terdapat pada sebuah komputer.

Beberapa macam jenis sistem operasi :


1. Sistem Opersai UNIX


UNIX adalah nama system operasi yang dapat diterapkan pada berbagai jenis mesin. Sistem operasi UNIX ini diperkenalkan pertama kali oleh AT&T Bell Laboratory untuk pemakaian komputer dalam bentuk jaringan khusus


2. Sistem Operasi OS/2

OS / 2 adalah sistem operasi komputer, awalnya dibuat oleh Microsoft dan IBM, kemudian dikembangkan oleh IBM secara eksklusif. Nama singkatan "Sistem Operasi / 2," karena diperkenalkan sebagai bagian dari rilis perubahan generasi sama seperti "IBM Personal System / 2 (PS / 2)" garis dari komputer pribadi generasi kedua

3. Sistem Opersai Windows

Sistem operasi windows pertama kali diperkenalkan tahun 1985. Semulanya sistem operasi windows ini diperkenalkan dengan nama Interface Manager. Pemakaian sistem operasi ini pada awalnya tidak terlalu menarik . Ini terjadi hingga diperkenalkan sistem operasi windows versi 3.0 pada bulan mei 1990.


4. SIstem Operasi Linux


  • Kelebihan Linux

    1. Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.

    2. Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
  • Kekurangan Linux

    Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’.
5. Sistem Operasi Mac OS


Sistem Operasi MAC os adalah sebuh Sistem operasi yang berbasiskan GUI (Graphical User

Interface) yang di develop oleh Apple untuk komputer/laptop. hardware pertama yang mereka

buat yaitu PowerPC,

6. Sistem Opersai Ms Dos


Sistem operasi PC DOS ( Personnal Computer Disk Operating System) ini ditujukan untuk pemakaian mikrokomputer IBM (IBM PC). Yang pada mulanya di tahun 1980, tim Petterson membuat opearting system membuat operating system untuk Seatle Computer Product yang membutuhkan S-100 system dengan mempergunakan INTEL 8086. Operating system tersebut dinamakan QDOS (Quick and Dirty Operating System ). Pada akhir tahun 1980, QDOS dikembangkan dan diberi nama 86-DOS (DOS untuk 8086).

7. Sistem Operasi FeeBSd



  • kelebihan dari system operasi FreeBSD :

1. Virus/Spyware yang menyerang sedikit

2. Banyak terserdia aplikasi dan program gratis

3. Relatif mudah dikustomisasi (diutak-atik) secara bebas

4. Multiuser

  • · Kekurangan FreeBSD:

1. Relatif sulit penggunaannya, karena masih text base dalam meng-command

2. Dibandingkan Windows, GUI pada FreeBSD masih kurang

3. Bagi para gamers, game system operasi ini sangat sediki


8.Sistem Operasi Solaris

Solaris adalah sistem operasi berbasis Unix yang diperkenalkan oleh Sun Microsystems pada 1992 sebagai pengganti SunOS.
Solaris dikenal karena skalabilitasnya, khususnya dalam sistem SPARC, dan “menelurkan” banyak fitur inovatif seperti DTrace and ZFS. Solaris mendukung workstation berbasis SPARC dan x86, juga server dari Sun serta vendor lainnya.


9. Sistem Operasi SunOs

SunOS adalah versi dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh Sun Microsystems untuk workstation dan sistem komputer servernya. Nama SunOS hanya digunakan untuk menyebut versi 1.0 hingga 4.1.4-nya. Versi-versi ini berbasis pada BSD Unix, sementara versi 5.0 ke atas berbasis pada UNIX System V Release 4, dan dipasarkan dengan brand name solaris.


10. Sistem Operasi VMS

Sistem operasi VMS bisa dibayangkan sebagai kumpulan khusus dari program yang berjalan pada mesin VAX sepanjang waktu untuk memberikan cara komunikasi yang mudah antara user dan komputer. Misalnya, bila user ingin merekam program menjadi satu file ke disk, maka user cukup memberikan nama file tersebut tanpa perlu repot-repot memberitahu dimana file tersebut harus disimpan, dan tinggal menyerahkan sisa aktivitas ke sistem operasi.


11. Sistem Operasi Linspire

Linspire, dahulunya LindowsOS, adalah sistem operasi komersial (tidak gratis) berbasis Debian dan kemudian Ubuntu[1] . Linspire diterbitkan oleh Linspire, Inc. dan terfokus pada kemudahan-penggunaan dengan target pengguna PC rumahan.


>

Comentários:

Posting Komentar

 
king azis © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |