Blog Dan Seluk Beluknya

Senin, 21 Juni 2010.
Seluk Beluk Blog


Kamu sering denger kata-kata blog tapi gak tau itu apa? Kamu kepingin punya blog biar dianggep gaul dan trendy tapi gak tau itu apa? Kamu ikut-ikutan bikin blog di frenster tapi gak tau itu apa? Kamu udah punya blog tapi masih juga gak tau blog itu apa? Mari kemari, baca artikel ini biar kamu engga go-blog.
Okey, pertama-tama saya rasa kalau kamu emang cukup niat untuk mencari tau blog itu apa mungkin sudah cari disana sini, lewat google, atau kalau kamu lebih kawakan pasti udah nyari di wikipedia. Tapi kalau kamu males baca bahasa inggris atau kamu lebih seneng ngecengin pacar kamu saat pelajaran inggris di sekolah kamu dan nilai kamu je-blog, kamu bisa baca artikel dari Enda Nasution, a.k.a bapak blog endanasution (baca: Indonesia, hehe) tentang Apa itu Blog?

Jadi, apa itu blog? Well, untuk singkatnya, blog adalah sebuah medium untuk penyampaian informasi dengan menggunakan jaringan internet, dengan cara yang lebih egaliter dan dengan semangat globalisme, karena informasi gak cuman milik media mainstream aja, setiap individu juga bisa menyampaikan suaranya, yang sering kali lebih cepat, bebas dan variatif karena tidak berada dibawah suatu jaringan korporat. Bisa dibilang blog adalah New Media for Information and Culture. Kehadiran blog sebagai sumber informasi baru sudah mulai menunjukan signifikansinya karena para pembacanya membutuhkan informasi yang mungkin tidak terdapat di media mainstream dan untuk mendengar suara-suara yang selama ini belum terdengar tanpa kehadiran jaringan internet. Atau dalam kata lain kalo kamu kepingin mencari tau tentang sesuatu yang agak sulit di cari di media mainstream, kemungkinannya akan sangat besar kamu akan mendapatkannya lewat blog seseorang, kalo gak dapet, yah bikin sendiri aja.

Lalu dari informasi itu apakah yang bisa disampaikan? Yang ini juga, tergantung sih sebenernya. Dari pelakunya, tujuan dia nge-blog, dan bentuk informasinya. Contoh yang paling umum bagi para blogger pemula. Kamu nulis diary atau jurnal kamu secara online, trus curhat deh sebanyak-banyaknya tentang diputusin pacar, pedekate sama orang, maki-maki orang, atau cuman nulis lirik lagu orang, masukin buletin board atau junk mail yang mengharukan, dst. dst. Tapi apakah ternyata kamu cuman sampai disitu doang? Kalo iya, berarti blog kamu adalah seperti istilah blog yang di deskripsikan oleh Roy Suryo, seorang yang katanya adalah pakar IT di Indonesia tapi bahkan terlalu malu untuk mengakui kalo dirinya gak bisa pake frenster:

Blog itu satu tren saja. Jadi, seperti agenda yang bisa ditulisi macam-macam. Saya melihat blog sendiri kebanyakan masih berupa katarsis atau tempat curahan emosi.

Atau, kamu sudah lebih maju setahap dan mengerti kalo gak semua orang mau baca curhatan kamu kecuali pacar kamu. Kamu mulai nulis secara rutin tentang ide-ide, hasil karya naratif, hal-hal yang menarik dari keseharian kamu dan lingkungan sosial, pendapat kamu tentang hal-hal yang terjadi di sekitar kamu, dokumentasi, de el el. Atau juga kamu menarik link-link kepada halaman/informasi yang menurut kamu menarik untuk dibaca, dan memberitahukannya lewat blog kamu, jadi istilahnya kamu sudah mempermudah orang lain untuk mencari informasi dengan menjaringnya, atau membuat penjelasan sendiri, yah, seperti artikel ini juga hehehe. Lebih baik lagi bahkan, kalau kamu sudah bisa mempublikasikannya kepada orang lain secara global, mungkin dengan bridge-blogging, dan membuat orang lain yang nun jauh di ujung lain dunia ini tau tentang apa yang ada di sudut lain dunianya.

Tentu saja, kita tidak bisa mengkotak-kotakkan yang ini blog yang ini bukan. Blog adalah sebuat istilah yang cair. Intinya, jika ada tulisan yang dibuat di media internet, dan disusun secara kronologis-terbalik (yang paling baru yang duluan muncul), dan di-archive, dan di update secara rutin, udah bisa disebut blog. Penulis blog pun bisa individual, group, dan korporat, tergantung dari tujuannya membuat blog. Jika yang nge-blog itu sebuah perusahaan, tentunya isi blognya adalah berita seputar pengumuman produk, servis dan aktivitas perusahaan yang dianggap perlu untuk di publikasikan. Jadi apakah portal berita seperti kompas atau cnn bisa disebut blog? Kembali lagi, istilah ini bukan digunakan untuk mengkotak-kotakkan atau mengkategorikan sesuatu, jadi selama esensi blog hadir disana, ya, situs tersebut bisa dibilang cukup blog, terlepas dari sisi mainstream atau independen.

Kalo kamu ngaku-ngaku masih punya semangat "DIY" then go for it. Daripada DIY itu jadi sekedar jargon yang basi dan membuat kita terlena unproduktif. Cukup memprihatikan juga kalo ngeliat pengguna internet awam indonesia menguasai sebagian besar jumlah user di frenster tapi kurang melek untuk budaya internet yang baru ini. Tolong lah, internet itu bukan sekedar buka frenster doang, atau cetting, atau ngirim2 junkmail ke orang-orang tak berdosa, atau debat-debat kusir di forum.

Akan tetapi, artikel ini enggak disusun untuk memandu kamu nge-blog atau cara bikin blog. Udah ada seribu satu panduan di blogosphere (dunia per-blog-an / internet), kalo kamu terlalu males untuk nyari tau artinya kamu emang gak niat untuk ngeblog. Mendingan cukup aja sampai disini, daripada saya menjadi berdosa untuk membuat blogger-blogger "katarsis" baru. Mendingan kamu ikutan jadi Roy Suryo aja, karena Indonesia masih membutuhkan roy suryo – roy suryo baru, untuk tetap dimaki semua orang yang demen nonton infotaintment.

Sejarah Blog

Perkembangan di dunia maya semakin hari semkin canggih saja, didunia maya atau yang sering di kelan dengan internet. Orang bisa melakukan apa saja yang mereka inginkan, dari belajar, chatt mencari artikel, streaming Video, membuat blog, dll.

Dan disisini saya akan sedikit mengulas apa sech blog itu dan apa manfaatnya bagi kita, Blog adalah kepanjangan dari webblog. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Jorn Barger tepatnya pada bulan Desember 1998 Dia menggunakan weblog untuk memberikan nama kepada kelompok orang yang mempunyai website pribadi dan selalu meng-update website-nya tersebut, baik itu berita, link ke website lain, curhatan, tutorial dan lainnya. Dan disertai komentar-komentar dari tulisannya tersebut. Pada awalnya blog hanyalah catatan perjalanan seseorang yang di publish di internet.
Sementara Sementara Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya di Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di Internet. Sedang Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada May 1999 menyimpulkan bahwa Blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet. Intinya Blog itu adalah website yang bersifat persolan, yang memuat opini pesonal dan hal-hal lain yang merupakan aktualisasi diri pembuatnya secara personal yang ingin ia kabarkan pada komunitas global dunia. Meskipun personal, isinya bisa dinikmati siapa saja darimana saja dan kapan saja.

Dan manfaat blog pun bermacam-macam dari ngeblog kita bisa mendapatkan apa saja bila kita mampu. Dari mencari teman, menuangkan ide kita ataupun unek-unek di dalam blog, bisa dibuat sebagai tempat curhat. Dan tidak kalah pentingnya blog juga bisa kita buat sebagai sarana mencari pendapatan ataupun uang, dari mana kita bisa dapet uang?? Sebagai orang yang masih awam pasti bertanya-tanya bagaimana caranaya?. caranya sangat simple sekali, dari pasang iklan,ikutan lomba ataupun kompetisi blog, Memasang adsanse yang disediakan oleh google. Dan masih banyak yang lainya. Jadi ngeblog menurut saya sangatlah asyik dan tidak ada ruginya dari ngeblog kita bisa mendapatkan apa yang kita mau. Yupz, mungkin itu sedikit pengertian tentang blog dan beberapa manfaatnya sebetulnya masih banyak sekali. Tapi itu semua sudah mewakili dari keseluruhan.

Saya pribadi berpesan kepada semauanya terutama anak bangsa, tinggkatkan IT indonesia dengan berbagai macam cara, Walapun hanya sekedar ngeblog. Semangat terus para blogger Indonesia tunjukan bahwa kalian yang terbaik.>

Comentários:

Posting Komentar

 
king azis © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |